Ploker

recent/hot-colored

Ploker

recent/hot-colored
Loading...

Lowongan Kerja PT Balai Pustaka (Persero)

Kerjai.com - Balai Pustaka adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan milik negara Indonesia. Balai Pustaka didirikan dengan nama Commissie voor de Volkslectuur oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 14 September 1908.

Adapun tujuan didirikannya perusahaan ini  adalah demi mengembangkan bahasa-bahasa daerah utama di Hindia Belanda. Bahasa-bahasa ini merupakan bahasa yang kita kenal yaitu Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, dan bahasa Madura.

Visi pendirian kala itu konon untuk mengantisipasi tingginya gejolak perjuangan bangsa Indonesia yang hanya bisa disalurkan lewat karya-karya tulisan.
Misalnya tulisan masyarakat anti-Belanda bermunculan di koran-koran daerah skala kecil, sehingga perusahaan penerbitan ini, didirikan Belanda dengan maksud utama untuk meredam dan mengalihkan gejolak perjuangan bangsa Indonesia lewat media tulisan dan menyalurkan nya secara lebih manusiawi sehingga tidak bertentangan dengan kepentingan Belanda di Indonesia.

Ada tujuan lain yang dilakukan oleh Komisi Bacaan Rakyat (KBR) yaitu menerjemahkan atau menyadur hasil sastra Eropa hal ini juga bertujuan agar rakyat Indonesia buta terhadap informasi yang berkembang di negaranya sendiri.

Tidak semua usaha (BKR) negatif. tetapi ada juga usaha usaha yang positif antara lain: mengadakan perpustakaan di tiap-tiap sekolah, mengadakan peminjaman buku-buku dengan tarif murah secara teratur, memberikan bantuan ke pengusaha swasta demi menyelenggarakan taman bacaan, untuk itu menerbitkan majalah-majalah Sari Pustaka dan Panji Pustaka yaitu dalam bahasa Melayu Kejawen dalam bahasa Jawa, dan majalah Parahiangan dalam bahasa Sunda.

PT Balai Pustaka (Persero)


Disamping itu langkah maju yang dilakukan KBR  berhasil sebagai pencetak, penerbit, dan penjual majalah, adalah mengubah KBR menjadi Yayasan Resmi Balai Pustaka pada tahun 1917.

Buku Balé Poestaka (Supraba lan Suminten, 1923) merupakan salah satu novel yang berbahasa Melayu terbitan Balai Pustaka kala itu dengan judul Siti Noerbaja karangan Marah Roesli, yaitu seorang penulis dari Minangkabau.

Pada jaman itu menjadi penanda penyebaran sastra Jawa Modern. terdapat banyak buku berbahasa Jawa dibandingkan yang berbahasa Melayu. berdasarkan dari penelusuran George Quinn, pada katalog Balai Pustaka di 1920, terdapat 40 buku yang berbahasa Madura, 80 judul berbahasa Melayu, dan hampir 100 buku berbahasa Sunda, dan juga terdapat hampir 200 berbahasa Jawa.
dan pada tahun ini pulalah lahir sebuah novel Serat Rijanto karangan Raden Bagoes Soelardi yang menjadi tonggak sastra Jawa modern.

Pada Juni 2013 lalu Balai Pustaka meluncurkan Balai Pustaka eBookstore atau BP eStore. Kemunculan eBookstore ini tidak terlepas dari eBook yang semakin berkembang di Indonesia.
BP eStore tersedia dan dapat diunduh di Google Play secara gratis.

Buku-buku backlist serta buku baru Balai Pustaka kembali diterbitkan dan dibuat dalam format ebook. Karya fenomenal seperti Siti Nurbaya. sementara dalam versi dari iOS dan Windows BP eStore dijadwalkan akan tersedia akhir tahun ini.


Lowongan Kerja PT Balai Pustaka (Persero) :

PT Balai Pustaka (Persero), salah satu BUMN yang bergerak di Bidang Percetakan, Penerbitan dan Multimedia, membuka lowongan pekerjaan untuk posisi:

1.  Kepala Departemen Multimedia(setingkat manajer)
Kriteria:

  1. Lulusan pendidikan S-1 Informatika
  2. Pelamar berusia 25-35 tahun
  3. Pria
  4. Paham aplikasi e-commers& website dan bahasa pemrograman PHP My SQL dan lainnya
  5. Bahasa Pengalamanan 2 tahun
  6. Memiliki leadership


2.  Kepala Departemen Keuangan(setingkat manajer)
Kriteria:

  1. Lulusan pendidikan S-1 Akuntansi (manajemen keuangan)
  2. Pelamar berusia 25-35 tahun
  3. Pria/wanita
  4. Paham neraca dan laba rugi
  5. Mampu membuat laporan keuangan, cash flow dan budgeting
  6. Memiliki kemampuan analisa dengan baik
  7. Berintegritas dalam bekerja dan komunikatif
  8. Pengalaman 3 tahun



3.  Kepala Bidang Pemasaran Kelembagaan(setingkat asisten manajer)
Kriteria:

  1. Min D3/S-1 semua jurusan
  2. Usia 25-35 tahun
  3. Pria/wanita
  4. Berpenampilan menarik dan antusias
  5. Komunikatif, percaya diri, negosiasi, kreatif
  6. Menyukai tantangan dan siap ditarget
  7. Pengalaman kerja sebagai marketing cetakan
  8. Memliki
  9. Memiliki SIM



Jika pencari kerja berminat, silakan kirimkan lamaran anda dan ditujukan Kepada Divisi HR dan GA PT Balai Pustaka (Persero)
Jalan Bunga No. 8-8A, Matraman, Jakarta Timur 13140
Lamaran juga dapat dikirimkan ke E-mail: sdm.balaipustaka@gmail.com;
Pendaftaran lowongan ini paling lambat tanggal 23 Mei 2016.
Hanya yang memenuhi syarat yang akan diproses lebih lanjut. Sumber

Dapatkan soal Latihan Menghadapi seleksi kerja disini : Latihan Seleksi Kerja, Sebagai persiapan anda menghadapi persaingan Dunia Kerja.


Surabaya 4192374603808856653

Posting Komentar

Pertanyaan diluar topik Lowongan Kerja Tidak Akan di Proses.
Terima Kasih

emo-but-icon

Beranda item

Pengumuman CPNS

Petunjuk Agar Anda Lulus CPNS Tahun 2017

Kerjai.com Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes ...

Arsip Blog

Langganan Via BBM