Ploker

recent/hot-colored

Ploker

recent/hot-colored
Loading...

Total 43 Ribu Lowongan CPNS Tenaga Kesehatan dan ‎3.000 Guru

Kerjai.com  - Hari ini admin akan memberi informasi seputar penerimaan CPNS, berdasarkan situs liputan 6, Pada tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) ‎akan membuka sekitar 81 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan jatah paling banyak untuk perekrutan CPNS tahun ini adalah enaga kesehatan sebanyak ‎43 ribu kursi.

"Kebutuhan penerimaan CPNS di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, dan bidan mencapai 43 ribu orang. Itu jumlahnya sudah dihitung," ucap Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi‎ di Jakarta, seperti ditulis Jumat (27/5/2016).



Sementara dalam enerimaan CPNS guru yang menyandang gelar sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan), Yuddy mengaku kebutuhan mencapai 3.000 orang. Permintaan ini diajukan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan ‎Anies Baswedan.

Hingga kini pemerintah masih sedang mendata daerah-daerah yang ada di pelosok, pulau-pulau terluar, dan terdepan yang masih kekurangan guru. Sebab, data Kemendikbud menunjukkan terjadi surplus guru lebih dari 125 ribu guru. Sehingga dinilai sayang karena distribusi yang tidak merata mengakibatkan kekosongan guru di beberapa daerah di Indonesia.

"Belum lagi pada guru honorer yang telah memenuhi persyaratan administratif perundangan, yang saat ini berada di daerah terdepan dan terluar. terdapat sebanyak 2.000 guru honorer akan diproses CPNS-nya melalui formasi khusus‎ yang diafirmasi. Tidak ada yang otomatis, semua harus lewat tes. Tapi diberikan skala prioritas, misalnya kalau di daerah terluar tidak ada PNS, maka dia akan dipercepat prosesnya," ucap Yuddy.

Seperti diketahui, Yuddy sebelumnya mengaku bahwa ‎formasi kebutuhan PNS yang diminta oleh kementerian/lembaga mencapai 150 ribu orang. Namun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya menyanggupi sekitar 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016 karena berbagai alasan.

"PNS yang pensiun tahun ini mencapai 120 ribu orang. lalu kebutuhan dari seluruh instansi mencapai 150 ribu orang. Tapi  jumlah maksimum yang disetujui dari Kemenkeu penerimaan PNS adalah 81 ribu orang, jadi masih ada yang tidak dipenuhi semua karena alasan moratorium, keterbatasan anggaran, dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita," dia menjelaskan.

Pemerintah mengutamakan penerimaan CPNS bagi putra-putri terbaik yang berasal dari sekolah ikatan dinas pemerintah sebanyak 11 ribu orang. Selanjutnya kebutuhan penerimaan CPNS di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan mencapai 43 ribu orang.

Selanjutnya untuk penerimaan CPNS guru yang menyandang gelar sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3.000 orang, serta pengangkatan guru honorer menjadi PNS di garis depan sekitar 2.000 orang. ‎

Sementara sisanya berjumlah 22 ribu kursi penerimaan CPNS, tuturnya, jumlah inilah yang akan dibagi-bagi untuk instansi atau bidang yang sangat membutuhkan, seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Dia mengatakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman sudah meminta 18 ribu orang, serta Kementerian Hukum dan HAM yang meminta jatah 21 ribu orang.

Dapatkan soal prediksi CPNS terlengkap disini : Paket Soal CPNS 2016

Terdapat total 22 ribu jatah penerimaan CPNS itu, diakui Yuddy, termasuk untuk kuota pelamar umum untuk semua bidang. Namun prioritasnya untuk CPNS di bidang-bidang studi yang selaras dengan program Nawa Cita, di antaranya ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan lainnya.

"Untuk pelamar umum, kita akan membuka perekrutan CPNS sekitar 10 ribu orang, termasuk di dalamnya untuk penerimaan mahasiswa berprestasi yang mendapat jatah 10 persen dari kuota pelamar umum," Yuddy menjelaskan.

Dia berharap, proses rekrutmen CPNS dapat dilakukan pada bulan Agustus 2016, setelah di bulan sebelumnya mulai diumumkan pembukaan seleksi CPNS 2016. "Jadi nanti di akhir tahun, tepatnya Oktober atau November sudah tahapan diterima," kata dia. (Fik/Nrm)

Referensi : http://bisnis.liputan6.com/read/2517177/dibuka-43-ribu-lowongan-cpns-tenaga-kesehatan-3000-guru

Dapatkan soal Latihan Menghadapi seleksi kerja disini : Latihan Seleksi Kerja, Sebagai persiapan anda menghadapi persaingan Dunia Kerja.


CPNS 2143495862467426088

Posting Komentar

  1. Apa dibolehkan mengikuti tes cpns di daerah lain dengan menggunakan KTP yang berbeda dengan tempat domisili?

    BalasHapus
  2. Apa boleh mengikuti seleksi cpnsd di daerah yg berbeda dengan alamat domisili yang tertera di KTP?

    BalasHapus

Pertanyaan diluar topik Lowongan Kerja Tidak Akan di Proses.
Terima Kasih

emo-but-icon

Beranda item

Pengumuman CPNS

Petunjuk Agar Anda Lulus CPNS Tahun 2017

Kerjai.com Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes ...

Arsip Blog

Langganan Via BBM